Apa Arti NT di Tiktok ?

Berita 26 Dec 2022

Di Tiktok cukup banyak istilah yang terkadang kurang dipahami oleh pengguna baru. Dari sekian banyak istilah yang cukup populer di Tiktok adalah NT. Selain kata tersebut ada juga beberapa istilah lain yang perlu dipahami oleh pengguna baru. 

Untuk istilah NT sendiri sebenarnya cukup banyak orang yang bertanya akan apa arti NT di Tiktok? Pertanyaan ini muncul karena istilah ini sering muncul di beberapa konten baik yang jualan atau sekedar video biasa. 

Pemahaman akan istilah ini perlu agar kamu bisa juga menggunakan istilah tersebut ketika menemui video dengan tema yang sama. Lantas apa arti dari NT dan beberapa istilah di Tiktok? Yuk simak ulasan berikut

Apa arti NT di Tiktok?

Kata  NT ini sebenarnya berasal dari bahasa Inggris yang berarti nice try. Dengan demikian makna dari kata tersebut adalah suatu usaha, kerja atau ujicoba yang bagus. 

Dengan demikian NT bisa dimaknai sebuah usaha seseorang dalam memperjuangkan sesuatu. Misalnya terus mempertahankan cinta dengan pasangan, usaha gagal namun tetap berusaha untuk bangkit. 

Jika semua perjuangan ini dibuat lalu diposting di Tiktok maka akan diberikan apresiasi dengan kata NT oleh pengguna lain. Sebab pengguna lain begitu menghargai semua perjuangan yang telah dilakukan. 

Istilah Lain di Tiktok

Di Tiktok tidak hanya ada NT tetapi ada juga beberapa istilah lain yang perlu dipahami oleh setiap orang. Untuk kamu pengguna baru atau lama dan belum memahami beberapa istilah, berikut penjelasan lengkapnya:

POV

Kata POV juga berasal dari bahasa Inggris yang kepanjangannya Point of View. Arti dari kata tersebut adalah proses pengambilan angle video dari sudut tertentu pada suatu tempat. 

Contohnya ada pengguna membuat video lalu disertai dengan kata ‘pov saat menjadi teller perbankan’. Dengan kata-kata tersebut menunjukkan jika pengguna sedang membuat video di sudut tertentu saat bekerja sebagai teller bank. 

Drafts

Ketika kamu memutuskan menjadi kreator di Tiktok tentu tidak akan lepas dari fitur Draft ini. Fitur tersebut digunakan ketika kamu membuat video lalu disimpan terlebih dahulu di aplikasi tersebut. 

Jadi video tersebut setelah dibuat atau diedit tidak langsung di posting saat itu saja. Proses posting video menunggu waktu yang tepat agar konten yang diunggah nantinya bisa masuk di halaman utama Tiktok. 

Penggunaan fitur ini akan muncul di Tiktok dan bersebelahan dengan fitur posting. Jadi ketika video sudah selesai di edit nantinya kamu tinggal klik draft dan konten akan otomatis masuk di halaman profil dengan status belum di posting. 

Glow Up

Istilah lain di Tiktok juga ada glow up yang artinya proses improvisasi yang cukup signifikan. Untuk prosesnya ini bisa dalam banyak hal baik penampilan, fisik maupun mental. 

Salah satu contohnya kamu menggunakan pakaian yang keren dan rata-rata harga outfitnya cukup mahal. Proses seperti ini bisa disebut glow up dalam hal penampilan dan dengan cara ini umumnya akan dikomentari oleh pengguna lain. 

SMH

SMH termasuk singkatan dari shaking my head atau dalam bahasa mudahnya geleng-geleng kepala. Kata ini umumnya digunakan ketika ada orang yang melakukan tindakan yang diluar nalar. Selain itu bisa juga karena kagum akan atraksi yang dilakukan. 

Jadi video yang kamu buat menampilkan hal yang tidak biasa ada saja yang berkomentar ‘duh hebat sekali. Smh’. selain itu bisa juga dengan kata-kata lain dan yang terpenting ada kata smh di dalam kalimat yang ditulis. 

Template

Untuk template ini sebenarnya bukan berupa kalimat pada komentar melainkan fitur yang ada di Tiktok. Fitur ini banyak digunakan ketika pengguna akan membuat video di aplikasi tersebut.

Dengan adanya template ini bisa memudahkan dan mempercepat kamu dalam membuat video. Kamu tinggal memasukkan video atau foto yang akan digunakan dalam pembuatan video. 

Banyak sekali template yang bisa kamu pilih dan juga sudah disesuaikan dengan kategorinya. Dengan demikian pengguna tinggal memilih template sesuai dengan tema video yang akan dibuat. 

FYP

Kata ini sering kali muncul di beberapa konten baik yang promosi produk atau video biasa. Umumnya FYP digunakan dalam bentuk tagar lalu diikuti dengan kata tersebut. 

FYP sendiri termasuk singkatan dari For Your Page yang artinya halaman utama Tiktok. Jadi penggunaan tagar ini diharapkan video yang di upload bisa masuk di halaman utama Tiktok.

Dengan cara seperti ini maka konten yang telah kamu buat akan mendapatkan pengunjung yang banyak. Tidak hanya itu, interaksinya pun sangat bagus baik dari sisi like, komentar dan sharenya. 

S3

Jika di dalam dunia akademisi, S3 ini digunakan untuk mereka yang telah menempuh pendidikan tertinggi. Namun di Tiktok sendiri S3 ini digunakan untuk pengguna yang pandai, cerdik dalam berbagai hal.

Bahkan segala sesuatu yang dilakukan terkadang masuk dalam kategori out of the box. Oleh karena ketika ada konten lalu ada yang berkomentar S3 maka pengguna tersebut diakui keahliannya dalam membuat konten di Tiktok. 

Flex

Kata Flex ini sangat populer di Tiktok dan banyak digunakan untuk mereka kalangan Gen-Z. Kata ini akan muncul jika ada pengguna yang memamerkan berbagai hal di Tiktok. 

Misalnya kamu membuat konten dengan pacar baru, mendapatkan uang hasil jual tanah atau yang lainnya. Jika kamu posting hal-hal yang seperti ini tidak menutup kemungkinan ada juga yang berkomentar dengan kata flex. 

Creators

Creators ini sebenarnya diambil dari bahasa Inggris yang artinya orang yang membuat sesuatu. Dengan demikian, kamu yang membuat video di Tiktok bisa juga disebut sebagai creators.

Selain kata tersebut terkadang beberapa pengguna ada juga yang menyebutkan Tiktokers. Kedua makna ini sebenarnya sama yaitu pengguna yang telah menjadi pembuat video handal di Tiktok. 

Xyzbca

Untuk istilah lain yang ada di Tiktok juga ada Xyzbca dan umumnya digunakan dalam bentuk tagar. Kata ini banyak dibuat tagar pada beberapa konten yang telah dibuat oleh kreator.

Penggunaan kata ini sebenarnya hampir sama dengan tagar FYP. Harapannya dengan menggunakan kata tersebut video yang kamu unggah nantinya bisa masuk halaman utama Tiktok. Jika sudah demikian maka akan sangat mudah mendapatkan pengunjung hingga ratusan ribu atau bahkan jutaan. 

Report

Untuk istilah terakhir yang juga cukup populer di Tiktok adalh report atau melaporkan sesuatu. Kata ini umumnya digunakan dalam bentuk komentar dan banyak digunakan ketika ada hal-hal negatif pada kontennya.

Bentuk negatif ini bisa berupa kontennya duplikat atau ada kata-kata yang kurang sopan. Jika ditemui hal seperti ini maka pengguna bisa langsung mengklik report di Tiktok. 

Jadi NT yang ada di Tiktok adalah singkatan dari nice try atau percobaan yang bagus. Kata ini lebih digunakan untuk pengguna yang telah melakukan berbagai percobaan, bekerja atau melakukan sesuatu yang luar biasa. Selain kata tersebut juga ada istilah lain yang harus dipahami oleh pengguna Tiktok.